Ternyata Game Tetris Bantu Tangani Stres Pasca Trauma

Game Tetris adalah game macam puzzle yang pernah terkenal pada beberapa tahun yang lalu. Tanpa di ketahui ternyata game tetris mampu menghilangkan stres pada seseorang. Para oeneliti telah menemukan bahwa game tetris bisa menghilangkan stres paska trauma dengan cara memblok pikiran yang buruk.

Peneliti dari Medical Research Council Kognisi dan Brain Sciences Unit menemukan bahwa bermain Tetris dapat mampu membantu seseorang atau pasien dengan PTSD (gangguan stres pasca-trauma).

Mereka menunjukkan bahwa pasien memainkan game Nintendo retro mengalami kilas balik kurang dari peristiwa traumatis. Permainan visual yang efektif bekerja sebagai penyumbatan terhadap kenangan buruk.

Game Boy Tetris

"Karya ini adalah yang pertama untuk pengetahuan kita untuk menunjukkan bahwa 'blokade kognitif sederhana' bisa mengurangi kenangan yang mengganggu, trauma eksperimental melalui proses rekonsolidasi memori," kata Emily Holmes, penulis utama penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Science.

Tetris membantu mendorong Nintendo Game Boy menjadi salah satu gadget terlaris dalam sejarah
Menurut para peneliti, Tetris dan permainan puzzle yang sejenis yang ideal karena mereka memungkinkan pasien untuk memulai perawatan dengan cepat setelah kejadian. Ini berarti mereka dapat secara efektif mengelola kilas balik ketika mereka mencoba untuk memperbaiki kerusakan.

"Temuan kami menunjukkan bahwa, meskipun orang mungkin ingin melupakan kenangan traumatis, mereka dapat mengambil manfaat dari mereka kembali ke pikiran, setidaknya dalam kondisi tertentu - mereka yang membuat kurang intrusif," kata Holmes.

Tim Holmes sudah menguji teori di kamar rumah sakit darurat, mencoba untuk membantu orang-orang yang mengalami kecelakaan mobil atau pengalaman traumatis lainnya.

Tommy Torijo

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar